Abstract:
Di era globalisasi yang semakin maju persaingan pasar semakin ketat, hal
tersebut secara tidak langsung akan mempengaruhi suatu perusahaan dalam
mempertahankan pangsa pasar. Perusahaan harus menciptakan loyalitas terhadap
produknya agar konsumen tidak berpindah ke merek lain. Merek menjadi lebih
dipertimbangkan oleh perusahaan dewasa ini, terutama pada kondisi persaingan
merek yang semakin tajam. Perusahaan semakin menyadari arti penting
kepercayaan merek bagi suksesnya sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk
menguji apakah Trust In a Brand berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Brand Loyalty pada Konsumen Teh Pucuk Harum di Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Teh Pucuk Harum di
Purworejo. Teknik pengambilan sempel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik non probability sampling, dengan sampel sebanyak 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang telah
diujicobakan dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Metode analisis yang
digunakan adalah regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan SPSS
versi 19.
Hasil analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel brand characteristic, company characteristic dan consumer-brand
characteristic berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty secara
parsial.