Abstract:
Dunia bisnis menghadapi era baru persaingan global yang makinketat yang disebabkan oleh globalisasi. Dalam era globalisasi ini, keunggulan kompetitif merupakan syarat sukses bagi suatu perusahaan. Konsumen juga dimanjakan dengan begitu banyak pilihan produk untuk memutuskan mana yang akan dibeli. Sementara perusahaan dihadapkan pada persoalan yang sulit yaitu persaingan. Pilihan perusahaan untuk tetap eksis, yaitu hanya dengan meningkatkan kualitas produk atau pelayanan.
Penelitian ini bertujua nuntuk menguji pengaruh brand equity baik secara parsial atau simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pada sabun muka Garnier di Kota Purworejo. Objek penelitian ini adalah sabun muka Garnier. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna sabun muka Garnier di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah di ujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa brand equity berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sabun muka Garnier di Kota Purworejo. Hal ini dibuktikan dengan kesadaran merek berpengaruh positif, persepsi kualitas berpengaruh positif, asosiasi merek berpengaruh positif dan loyalitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.