Abstract:
Di zaman era globalisasi saat ini, perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi secara tidak langsung telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam bidang perekonomian. Hal ini memberikan dampak yang signifikan bagi perusahaan baik perusahaan yang bergerak dalam bidang manufaktur maupun jasa. Untuk dapat memenangkan dalam persaingan, perusahaan harus mampu menetapkan strategi pemasaran yang tepat untuk produk yang dihasilkan. Perusahaan harus mampu menciptakan brand image dan product knowledge agar perusahaan tersebut dapat memenangkan persaingan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image dan product knowledge terhadap purchase intention kosmetik Oriflame. Objek penelitian ini adalah kosmetik Oriflame. Populasi penelitian ini adalah konsumen pengguna kosmetik Oriflame di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa brand image dan product knowledge secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention kosmetik Oriflame di kota Purworejo.