dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara perhatian orang tua, motivasi dan minat belajar siswa
kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen secara simultan maupun partial
terhadap prestasi belajar.
Populasi penelitian siswa kelas X SMA Negeri 1 Buluspesantren Kebumen
berjumlah 103 terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa, ditentukan
menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5%.
Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data
dalam penelitian ini menggunakan metode analisis dokumen dan metode angket.
Hasil analisis deskripsif menunjukan bahwa perhatian orang tua berada
pada kategori tinggi sebesar 60,26%, motivasi pada kategori tinggi sebesar 50%,
minat belajar siswa pada kategori cukup sebesar 53,85% dan prestasi belajar pada
kategori cukup sebesar 57,70%. Berdasarkan analisis kuantitatif disimpulkan ada
pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap
prestasi belajar sebesar 16,24%(rx1y = 0,403, thitung 3,783 ; sig < 0,05). Ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar
siswa sebesar 26,01% ( rx2y = 0,510 thitung 5,101 ; sig < 0,05). Ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar
21,62% ( rx3y = 0,465, thitung 4,522 ; sig < 0,05). Ada pengaruh positif dan
signifikan antara perhatian orang tua, motivasi dan minat belajar siswa secara
bersama-sama 46,10% (R= 0,679; Fhitung= 21,125; sig < 0,05) dan sisanya 53,90%
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 56,428 +
0,200 X1 + 0,259 X2 + 0,240 X3 dengan demikian hipotesis yang diajukan
diterima. |
en_US |