Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) gaya
belajar; (2) kecerdasan verbal; (3) gaya belajar dan kecerdasan verbal terhadap
prestasi belajar matematika; (4) pengaruh gaya belajar dan kecerdasan verbal
terhadap prestasi belajar matematika.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
yaitu seluruh siswa kelas VII SMP se-Kecamatan Puring sebanyak 450 siswa
dengan sampel sebanyak 195 siswa. Pengambilan sampel dengan teknik propotionate
random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket dan tes.
Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresi. Sebagai persyaratan
analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji
keberartian.
Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y =
−16,557 + 1,521 + 0,519 , yang artinya prestasi belajar matematika dipengaruhi
oleh gaya belajar dan kecerdasan verbal. Berdasarkan hasil analisis data
diperoleh koefisien korelasi sebesar: 0,294; 0,494; 0,165. Kesimpulan dalam
penelitian ini terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) gaya belajar;
(2) kecerdasan verbal; (3) gaya belajar dan kecerdasan verbal terhadap prestasi
belajar matematika; dan (4) terdapat pengaruh antara gaya belajar dan kecerdasan
verbal terhadap prestasi belajar matematika.