Abstract:
Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern menyebabkan
banyaknya pembangunan mall atau shopping centre. Kehadiran mall di
Yogyakarta telah mengukuhkan jati diri sebagai kota besar. Selain itu, dengan
kehadiran mall diharapkan dapat menjadi daya tarik wisata. Kini Yogyakarta
telah memiliki banyak shopping mall dan diperkirakan akan terus bertambah pada
setiap tahunnya. Kelahiran shopping mall di Yogyakarta diawali dengan adanya
Ambarukmo Plaza, Malioboro Mall, dan Gallery Mall. Kehadiran tiga shopping
mall tersebut diikuti pusat-pusat perbelanjaan modern lainnya yang sekarang
sedang di bangun di kota Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh shopping lifestyle, fashion
involvement, dan hedonic shopping value terhadap impulse buying behavior
pelanggan Jogja City Mall Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah Jogja City
Mall Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah datang
dan berbelanja di Jogja City Mall Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik non probability
sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala
Likert yang masing-masing sudah di uji cobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa shopping
lifestyle, fashion involvement, dan hedonic shopping value berpengaruh positif
dan signifikan terhadap impulse buying behavior pelanggan Jogja City Mall
Yogyakarta.Shopping Lifestyle berpengaruh positif dengan nilai beta sebesar
0,262 dan signifikan (p-value 0,001). Fashion Involvement berpengaruh positif
dengan nilai beta sebesar 0,230 dan signifikan (p-value 0,007). Hedonic Shopping
Value berpengaruh positif dengan nilai beta sebesar 0,479 dan signifikan (pvalue
0,000). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa shopping lifestyle,
fashion involvement, dan hedonic shopping value secara parsial memiliki
pengaruh terhadap impulse buying behavior.