Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang
positif dan signifikan antara penggunaan internet dan motivasi belajar baik secara
sendiri-sendiri maupun secara besama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI
TKR 2 SMK PN 2 Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
isaac, untuk tingkat kepercayaan 0.95 dari populasi 110 siswa diambil sampel 86
siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan
data menggunakan angket dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan
analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan internet
berada pada kategori baik sekali 81,39%, motivasi belajar pada kategori baik
sekali sebesar 90,70%, dan hasil belajar siswa pada kategori baik sebesar 69,77%.
Berdasarkan analisis kuatitatif memperoleh (1) pengaruh penggunaan internet
terhadap hasil belajar diperoleh (r) sebesar 0,576 dengan sig 0,000 < 0,05 dan
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,332 sehingga penggunaan internet memberi
pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 3,32%, (2) pengaruh motivasi belajar
terhadap hasil belajar diperoleh (r) sebesar 0,368 dengan sig 0,001 < 0,05 dan
koefisien determinasi (r2) sebesar 0,135 sehingga pengaruh motivasi belajar
terhadap hasil belajar sebesar 13,50%, (3) hasil analisis regresi ganda, diperoleh
koefisien regresi (R) sebesar 0,894 (F = 164,669 : sig 0,000 < 0,05) dan koefisien
determinasi (R2) 0,799. Ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara penggunaan internet dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap
hasil belajar siswa sebesar 79,90% dan 20,10% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 55,346 + 0,531 X1 + 0,322 X2 dengan
demikian hipotesis yang diajukan diterima.