Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR 2 SMK PN 2 PURWOREJO

Show simple item record

dc.contributor.author Marliyana, Lilis
dc.date.accessioned 2018-02-07T07:47:49Z
dc.date.available 2018-02-07T07:47:49Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1641
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet dan motivasi belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara besama-sama terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR 2 SMK PN 2 Purworejo. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh isaac, untuk tingkat kepercayaan 0.95 dari populasi 110 siswa diambil sampel 86 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dan analisis dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan internet berada pada kategori baik sekali 81,39%, motivasi belajar pada kategori baik sekali sebesar 90,70%, dan hasil belajar siswa pada kategori baik sebesar 69,77%. Berdasarkan analisis kuatitatif memperoleh (1) pengaruh penggunaan internet terhadap hasil belajar diperoleh (r) sebesar 0,576 dengan sig 0,000 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,332 sehingga penggunaan internet memberi pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 3,32%, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar diperoleh (r) sebesar 0,368 dengan sig 0,001 < 0,05 dan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,135 sehingga pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 13,50%, (3) hasil analisis regresi ganda, diperoleh koefisien regresi (R) sebesar 0,894 (F = 164,669 : sig 0,000 < 0,05) dan koefisien determinasi (R2) 0,799. Ini menunjukkan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan internet dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa sebesar 79,90% dan 20,10% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 55,346 + 0,531 X1 + 0,322 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject penggunaan internet, motivasi belajar, hasil belajar en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKR 2 SMK PN 2 PURWOREJO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account