Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tugas
terhadap prestasi belajar akuntansi siswa jurusan akuntansi SMK Muhammadiyah
Purworejo tahun pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian siswa jurusan akuntansi SMK Muhammadiyah
Purworejo yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian berjumlah 37 siswa,
ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%.
Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang masing-masing
sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis
data menggunakan regresi linier.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Pemberian Tugas memberikan
pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. Dari hasil penelitian
diperoleh persamaan regresi Y=40,112+0,719X dengan tingkat signifikasi 5%.
Untuk mengetahui signifikasi pengaruh pemberian tugas terhadap prestasi belajar
akuntansi dilakukan uji t dengan tingkat signifikasi <0,05 diperoleh nilai thitung >
ttabel dimana ttabel pada tingkat signifikasi <0,05 sebesar 1,690 dengan kriteria
pengujian Ho : ditolak apabila thitung > ttabel karena thitung = 6,335 > 1.690 = ttabel
maka Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi pemberian
tugas terhadap prestasi belajar akuntansi memberikan sumbangan positif yang
signifikan sebesar 53,40% dan sisanya 46,60% dipengaruhi oleh faktor lain.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Pemberian Tugas memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa
Jurusan Akuntansi SMK Muhammadiyah Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016.