Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penalaran induksi dalam
menyelesaikan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota
Purworejo tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini penelitian kualitatif. Pengambilan subjek penelitian
menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik tes, wawancara dan catatan lapangan. Instrumen
penelitian ini menggunakan pedoman wawancara dan lembar tes. Tahapan analisis
data yaitu data reduksi, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota
Purworejo sudah berpikir sesuai indikator penalaran induksi. Siswa mampu
melengkapi informasi dari data yang tersedia, mampu melakukan analogi dengan
lancar, mampu menemukan pola dan menggunakan pola hubungan tersebut untuk
menyusun konjektur dengan tepat meskipun pola yang ditemukan berbeda-beda,
mampu memperkirakan jawaban atau solusi berdasarkan kecenderungan yang terjadi
dari sejumlah data yang teramati dengan lancar, mampu melakukan generalisasi
dan mampu menyelesaikan secara transduktif