Abstract:
Bisnis ritel adalah bisnis yang dilakukan dengan cara menjual kembali
produk untuk dikonsumsi oleh konsumen akhir. Perkembangan bisnis ritel modern
dengan cepat sudah berkembang sampai ke tingkat kecamatan dan tidak sedikit
pihak yang menjalankan bisnis ini. Hal ini menjadikan para pelaku (retailer)
berlomba-lomba untuk meningkatkan keputusan pembelian konsumen dalam
berbelanja kebutuhan sehari-hari, diantaranya dari faktor keragaman produk,
harga, lokasi, dan kualitas pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keragaman produk, harga,
lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian
ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Baru Swalayan di Kecamatan
Petanahan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 120 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang
masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa keragaman
produk, harga, lokasi, dan kualitas pelayanan, berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian.