Abstract:
Saat ini banyak orang yang sudah menjalankan atau melakukan pola hidup
sehat dengan memilih makanan organik dan produk yang halal. Pada
kenyataannya, meskipun banyak produsen yang telah mengeluarkan berbagai
produk organik dan produk halal di pasaran, tetapi sedikit konsumen yang
memiliki minat beli produk makanan organik berlabel halal. Tujuan penelitian ini,
adalah untuk menguji pengaruh health consciousness, perceived value, food safety
concern, dan religious factor secara parsial terhadap minat beli produk makanan
organik berlabel halal.
Populasi penelitian ini adalah konsumen produk makanan organik berlabel
halal di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive
sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Pengumpulan
data menggunakan kuesioner dengan alternatif pilihan jawaban menggunakan
metode Likert yang terdiri dari lima pilihan jawaban. Kuesioner telah diuji coba
dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis
menggunakan analisis regres linear berganda.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi health
consciousness (X1) sebesar 0,230 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008; 2) nilai
koefisien regresi perceived value (X2) sebesar 0,232 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,014; 3) nilai koefisien regresi food safety concern (X3) sebesar 0,205
dengan nilai signifikansi sebesar 0,021; 4) nilai koefisien regresi religious factor
(X4) sebesar 0,285 dengan nilai signifikansi sebesar 0,007. Hal ini menunjukkan
bahwa seluruh hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.