Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang fenomenal
menjadi awal munculnya aplikasi web yaitu Internet. Semakin meningkatnya
pengguna internet membuat para pelaku bisnis berusaha untuk memajukan bisnis
yang dijalankannya dengan memperluas jaringan bisnis melalui internet yaitu
sebagai salah satu media untuk menawarkan produknya, atau yang sering disebut
dengan e-commerce. Salah satu situs jual beli online di Indonesia yang sedang
berkembang saat ini yaitu Tokopedia.com.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, keamanan,
kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian secara
online. Objek penelitian ini adalah Tokopedia.com. Populasi penelitian ini adalah
semua yang pernah berbelanja melalui Tokopedia.com di Purworejo. Sampel dan
penelitian ini berjumlah 130 orang. Pengambilan sampel menggunakan
Nonprobability Sampling yaitu dengan Purposive Sampling. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang masingmasing
sudah di ujicobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukan bahwa kepercayaan,
keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian online melalui Tokopedia.com di
Purworejo.