Abstract:
Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
pembelajran E-learning di SMK Nawa Bhakti Kebumen jurusan otomotif
terhadap minat belajar jurusan otomotif, 2)Untuk mengetahui ada tidaknya
pengaruh praktikum otomotif di SMK Nawa Bhakti Kebumen terhadap minat
belajar jurusan otomotif, dan 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
pembelajaran E-learning dan praktikum otomotif SMK Nawa Bhakti Kebumen
terhadap minat belajar siswa SMK Nawa Bhakti Kebumen.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto yaitu penelitian yang bertujuan
menguji hipotesis tanpa memberikan intervensi pada sampel penelitian. Subjek
penelitian ini seluruh siswa kelas XI program kejuruan TKR SMK Nawa
Bhakti Kebumen yang berjumlah 180 siswa dengan subjek penelitian 105 orang.
Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara
pembelajaran e-learning dengan minat belajar dalam praktik tune uppada siswa
kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 dengan
thitung=3,727 dan p=0,000;2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara
praktikum otomotif dengan minat belajar dalam praktik tune uppada siswa kelas
XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen Tahun Ajaran 2015/2016 dengan thitung=
5,830 dan p=0,000; dan 3) Ada pengaruh positif dan signifikan bersama-sama
antara pembelajaran e-learning dan praktikum otomotif dengan minat belajar
dalam praktik tune uppada siswa kelas XI TKR SMK Nawa Bhakti Kebumen
Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Fhitung=22,156 dan p=0,000.