Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara
perhatian orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar pada mata
pelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 7 Purworejo tahun pelajaran
2015/2016.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 286 siswa diambil
sampel 158 siswa. Pengambilan sampel menggunakan sample random sampling.
Pengumpulan data menggunakan angket yang masing-masing sudah diuji validitas
dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan
korelasi ganda.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perhatian orang tua siswa di
kelas X SMA Negeri 7 Purworejo pada kategori baik (41,13%), kemandirian
belajar pada kategori baik (45,56%) dan prestasi belajar pada kategori sangat baik
(38,60%). Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukkan bahwa: (1)
perhatian orang tua memberikan pengaruhterhadap prestasi belajar sebesar
19,71% (rx1y = 0,444; t = 6,172; sig < 0,05), (2) kemandirian belajar memberi
pengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 26,52% (rx2y = 0,515; t = 7,473; sig <
0,05). Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan
signifikan secara bersama-sama dari perhatian orang tua dan kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar sebesar 31,00% (R = 0,557; F = 34,801; sig < 0,05).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama dari perhatian orang
tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajarpada mata pelajaran ekonomi
di kelas X SMA 7 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Maka hipotesis diterima