dc.description.abstract |
koneksi matematis dan kerjasama belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 3
Gombong melalui penerapan model pembelajaran CORE.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan ini
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing 3 pertemuan. Tahapan
penelitian terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Gombong kelas VIII G
yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa
metode observasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar
keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi kerjasama belajar, dan tes
kemampuan koneksi matematis. Teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan adanya peningkatan
kemampuan koneksi matematis dan kerjasama belajar. Hasil tes kemampuan
koneksi matematis pada siklus I yang mendapat persentase kategori baik yaitu
40% siswa. Siklus II terjadi peningkatan yang mendapat persentase kategori baik
yaitu 76,67% siswa. Hasil lembar observasi kerjasama belajar pada siklus I yang
mendapat persentase kategori baik yaitu 36,67% siswa. Dilakukan beberapa
perbaikan, siklus II terjadi peningkatan yang mendapat persentase kategori baik
yaitu 70% siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran CORE dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan
kerjasama belajar di kelas VIII G SMP Negeri 3 Gombong. |
en_US |