Abstract:
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
ada tidaknya pengaruh efektivitas pelayanan koperasi dan komunikasi pengurus
dengan anggota terhadap kepuasan anggota di Koperasi Tani “Eko Saroyo” Desa
Gunungmujil Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen.
Penentuan besarnya dari populasi berjumlah 120 anggota dengan taraf
kesalahan 5% maka diambil sampel 89 anggota. Pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dengan skala Likert
yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan
reliabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel
Efektivitas pelayanan koperasi berada pada kategori sangat baik (75,28%),
variabel Komunikasi Pengurus dengan Anggota berada pada kategori sangat baik
(84,27%), dan variabel Kepuasan Anggota berada pada kategori sangat baik
(83,15%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa (1) ada pengaruh
yang positif dan signifikan antara efektivitas pelayanan koperasi dengan kepuasan
anggota rx1y = 0,319, thitung = 3.117, sig = 0,002 (0,002 < 0,05 maka signifikan);
(2) ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi pengurus dengan
anggota dengan kepuasan anggota rx2y = 0,432 thitung = 4.446, sig = 0,000 (0,000 <
0,05 maka signifikan); (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara
efektivitas pelayanan koperasi dan komunikasi pengurus dengan anggota secara
bersama-sama terhadap kepuasan anggota Rxy = 0,715, R2 = 0,512, Fhitung =
45.083, sig = 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan). Ada pengaruh variabel bebas
terhadap variabel terikat sebesar 51,20% , sedangkan 48,80% dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 9.483 + 0,350 X1 + 0,471
X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima.