Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN KOPERASI DAN KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI TANI “EKO SAROYO” DESA GUNUNGMUJIL KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Solikhah, Rania Hidayatun
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:15:05Z
dc.date.available 2018-02-07T08:15:05Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1661
dc.description.abstract Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh efektivitas pelayanan koperasi dan komunikasi pengurus dengan anggota terhadap kepuasan anggota di Koperasi Tani “Eko Saroyo” Desa Gunungmujil Kecamatan Kuwarasan Kabupaten Kebumen. Penentuan besarnya dari populasi berjumlah 120 anggota dengan taraf kesalahan 5% maka diambil sampel 89 anggota. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner dengan skala Likert yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan presentase tertinggi variabel Efektivitas pelayanan koperasi berada pada kategori sangat baik (75,28%), variabel Komunikasi Pengurus dengan Anggota berada pada kategori sangat baik (84,27%), dan variabel Kepuasan Anggota berada pada kategori sangat baik (83,15%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukan bahwa (1) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efektivitas pelayanan koperasi dengan kepuasan anggota rx1y = 0,319, thitung = 3.117, sig = 0,002 (0,002 < 0,05 maka signifikan); (2) ada pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi pengurus dengan anggota dengan kepuasan anggota rx2y = 0,432 thitung = 4.446, sig = 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan); (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara efektivitas pelayanan koperasi dan komunikasi pengurus dengan anggota secara bersama-sama terhadap kepuasan anggota Rxy = 0,715, R2 = 0,512, Fhitung = 45.083, sig = 0,000 (0,000 < 0,05 maka signifikan). Ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 51,20% , sedangkan 48,80% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Persamaan regresi Y = 9.483 + 0,350 X1 + 0,471 X2 dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Efektivitas Pelayanan Koperasi, Komunikasi Pengurus dengan Anggota, Kepuasan Anggota. en_US
dc.title PENGARUH EFEKTIVITAS PELAYANAN KOPERASI DAN KOMUNIKASI PENGURUS DENGAN ANGGOTA TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA DI KOPERASI TANI “EKO SAROYO” DESA GUNUNGMUJIL KECAMATAN KUWARASAN KABUPATEN KEBUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account