Abstract:
Merek merupakan perantara (interface) yang menghubungkan konsumen dengan perusahaan. Perencanaan merek yang baik akan mampu menghasilkan loyalitas merek (brand loyalty) pada pihak konsumen. Brand loyalty merupakan salah satu komponen penting dalam industri elektronik. Pengelolaan loyalitas merek yang optimal perlu dilakukan karena loyalitas merek dapat mempengaruhi penjualan dan menentukan profitabilitas di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation, dan trust in the company berpengaruh terhadap brand loyalty.
Populasi penelitian ini adalah pengguna smartphone Samsung yang ada di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation dan trust in the company secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty smartphone Samsung di Purworejo. Hasil uji F juga menunjukkan bahwa trust in a brand yang terdiri dari brand predictability, brand liking, brand competence, brand reputation, dan trust in the company secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty smartphone Samsung di Purworejo.