dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya:(1) pengaruh biaya
terhadap laba usaha pedagang dawet ireng di Desa Butuh Kabupaten Purworejo,
(2) pengaruh mutu terhadap laba usaha pedagang dawet ireng di Desa Butuh
Kabupaten Purworejo, (3) pengaruhstrategi pemasaran terhadp laba usaha
pedagang dawet ireng di Desa Butuh Kabupaten Purworejo, (4) pengaruh biaya,
mutu produk dan strategi pemasaran terhadap laba usaha pedagang dawet ireng di
Desa Butuh Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi, populasi dalam penelitian ini
sejumlah 15 pedagang, dan seluruh pedagang dijadikan sampel. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), Analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa variabel biaya
kategori baik dengan presentasi 40%,variabel mutu produk pada kategori cukup
dengan presentase 80%, variabel mutu strategi pemasaran pada kategori cukup
dengan presentase 53,3% dan variabel laba pada kategori cukupdengan presentase
46,6% . Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: adapengaruh yang positif
antara biaya terhadap laba usaha sebesar 75,34%(rx2y = 0,868, t = 5,808
dengan sig < 0,050) dan ada pengaruh yang positif antara mutu produk terhadap
laba usaha sebesar 64,80%(rx2y = 0,805, t = 4,499 dengan sig < 0,050) dan
ada pengaruh yang positif antara strategi pemasaran terhadap laba usaha sebesar
38,56% (rx1y=0,621, t hitung=19,060 dengan sig <0,050). Biaya, mutu produk dan
strategi pemasaransecara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif
terhadap laba usaha sebesar 83,90 dan sisanya 16,10% dipengaruhi variabel lain
yang tidak diteliti (R= 0,916, R2= 0,8390, F 19,060dengan sig <0,050). |
en_US |