Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ekuitas merek yang terdiri
dari kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek
terhadap keputusan pembelian handphone Sony di Purworejo.
Objek penelitian ini adalah pengguna handphone Sony di Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah pengguna handphone Sony di Purworejo yang pernah
melakukan keputusan pembelian handphone Sony. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 100 orang. Pengambilan sampel menggunakan purposive Sampling.
Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert yang
sudah di ujicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa kesadaran merek,
asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian handphone Sony. Variabel yang paling
besar mempengaruhi keputusan pembelian adalah asosiasi merek.
Dapat disimpulkan bahwa tingkat ekuitas handphone Sony cukup tinggi.
Perusahaan diharapkan dapat terus mempertahankan dan meningkatkan tingkat
ekuitas merek agar dapat bersaing di era globalisasi, serta melakukan programprogarm
promosi yang lebih memikat konsumen untuk meningkatkan tingkat
ekuitas merek yang dimiliki handphone Sony.