Abstract:
Dewasa ini merek merupakan salah satu faktor penting yang dapat
mempengaruhi konsumen dalam membeli. Merek adalah salah satu hal
penting, karena di dalam merek akan membawa citra dan kepercayaan merek
suatu perusahaan dan pemberian merek dapat menambah nilai suatu produk
dipasaran. Alasan inilah yang mendorong perusahaan Asus untuk selalu
memperkuat posisi mereknya di dalam benak konsumen. Disisi lain perilaku
konsumen juga memiliki peranan penting dalam keputusan membeli dengan
mempelajari dan memahami perilaku konsumen yang berubah-ubah
memungkinkan perusahaan untuk dapat melakukan perencanaan dan
pengembangan produk yang lebih baik sehingga dapat memuaskan para
konsumennya.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh brand
image dan brand trust terhadap keputusan pembelian notebook Asus pada
mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Populasi pada penelitian
ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo pengguna
notebook Asus. Sampel penelitian ini berjumlah 100 orang. Instrumen
pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likertyang masingmasing
sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel brand
image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand
trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.
Brand image dan brand trust secara serempak berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Maka semua hipotesis yang diajukan
dalam penelitian ini terdukung.