Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemandirian
belajar siswa, (2) pemahaman konsep matematika, dan (3) peningkatan prestasi
belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui model pembelajaran
probing-prompting.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian
terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan
dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3
pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 36
Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui
observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan
kuantitatif.
Kemandirian belajar pada siklus I sebesar 50%, hal ini sesuai dengan hasil
observasi yang menunjukkan siswa masih kurang percaya diri, belum memiliki
inisiatif belajar, dan masih menggantungkan diri kepada orang lain. Kemudian
pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan
rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak
menggantungkan diri kepada orang lain. Pada pemahaman konsep matematika di
siklus I sebesar 70% menunjukkan bahwa siswa belum dapat mengklarifikasikan
objek-objek menurut sifat-sifat tertentu,belum dapat mengaplikasikan konsep
atau algoritma dalam pemecahan masalah, siswa belum dapat menyelesaikan
masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar lalu di siklus II mengalami
peningkatan sebesar 79% adanya alat peraga dan lembar kegiatan dapat
membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Begitu juga dengan
prestasi belajar matematika siswa yaitu 37.5% sebelum dikenai tidakan meningkat
menjadi 47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78% pada siklus II.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran probing-prompting dapat
meningkatkan kemandirian belajar, pemahaman konsep matematika dan prestasi
belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Ajaran
2016/2017 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan model pembelajaran untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.