Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Abidin, Zaenal
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:27:52Z
dc.date.available 2018-02-07T08:27:52Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1671
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemandirian belajar siswa, (2) pemahaman konsep matematika, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo melalui model pembelajaran probing-prompting. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Kemandirian belajar pada siklus I sebesar 50%, hal ini sesuai dengan hasil observasi yang menunjukkan siswa masih kurang percaya diri, belum memiliki inisiatif belajar, dan masih menggantungkan diri kepada orang lain. Kemudian pada siklus II kemandirian belajar menjadi 80% dengan siswa sudah menunjukkan rasa percaya diri, memiliki inisiatif belajar secara terus menerus, serta tidak menggantungkan diri kepada orang lain. Pada pemahaman konsep matematika di siklus I sebesar 70% menunjukkan bahwa siswa belum dapat mengklarifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu,belum dapat mengaplikasikan konsep atau algoritma dalam pemecahan masalah, siswa belum dapat menyelesaikan masalah sesuai dengan langkah-langkah yang benar lalu di siklus II mengalami peningkatan sebesar 79% adanya alat peraga dan lembar kegiatan dapat membantu siswa untuk memahami materi yang dipelajari. Begitu juga dengan prestasi belajar matematika siswa yaitu 37.5% sebelum dikenai tidakan meningkat menjadi 47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78% pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran probing-prompting dapat meningkatkan kemandirian belajar, pemahaman konsep matematika dan prestasi belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 dan dapat menjadi acuan dalam pemilihan model pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject kemandirian belajar, pemahaman konsep, prestasi belajar, probing-prompting en_US
dc.title Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Probing-Prompting Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 36 Purworejo Tahun Ajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account