Abstract:
Perkembangan kepariwisataan Indonesia selama beberapa tahun terakhir
mengalami perkembangan yang signifikan menjadi industri pariwisata dan juga
industri bisnis yang seakain berkembang. Industri bisnis pariwisata yang semakin
berkembang membuat persaingan antar destinasi pariwisata semakin tajam.
Pengelolaan destinasi wisata saling berlomba untuk meningkatkan jumlah
kunjungan wisatawannya. Museum Benteng Vredeburg yang merupakan salah
satu destinasi wisata sejarah yang berada di Yogyakarta diharapkan akan terus
mengalami peningkatkan jumlah kunjungan wisata, namun dari tahun 2006-2014
jumlah wisatawan yag berkunjung sangat fuktuatif.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
citra destinasi, fasilitas wisata, dan experiental marketing terhadap kepuasan
konsumen pada Museum Benteng Vredeburg. Teknik pengambilan sampel
penelitin ini adalah purposive sampling dengan jumlah sempel sebanyak 100
responden yang merupakan pengunjung domestik Museum Benteng Vredeburg,
instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala
likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas.
Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda, serta uji signifikan (uji t
dan uji F).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis linier berganda nilai
koefisien dari citra destinasi sebesar 0,203 dengan nilai signifikan 0,040 (<0,05)
artinya citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen, fasilitas wisata sebesar 0,233 dengan nilai signifikan 0,024 (<0,05)
artinya fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen, dan experiental purchasing sebesar 0,402 dengan nilai signifikan
0,002 (<0,05) artinya experiental purchasing berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji signifikan diperoleh nilai
sebesar 29,445 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05) yang berarti bahwa citra
destinasi, fasilitas wisata, dan experiental purchaing secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan.