Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Experiental Purchasing terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pengunjung Domestik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta)

Show simple item record

dc.contributor.author Maisaroh, Eanggi
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:37:04Z
dc.date.available 2018-02-07T08:37:04Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1676
dc.description.abstract Perkembangan kepariwisataan Indonesia selama beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang signifikan menjadi industri pariwisata dan juga industri bisnis yang seakain berkembang. Industri bisnis pariwisata yang semakin berkembang membuat persaingan antar destinasi pariwisata semakin tajam. Pengelolaan destinasi wisata saling berlomba untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawannya. Museum Benteng Vredeburg yang merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang berada di Yogyakarta diharapkan akan terus mengalami peningkatkan jumlah kunjungan wisata, namun dari tahun 2006-2014 jumlah wisatawan yag berkunjung sangat fuktuatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra destinasi, fasilitas wisata, dan experiental marketing terhadap kepuasan konsumen pada Museum Benteng Vredeburg. Teknik pengambilan sampel penelitin ini adalah purposive sampling dengan jumlah sempel sebanyak 100 responden yang merupakan pengunjung domestik Museum Benteng Vredeburg, instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dinilai dengan skala likert yang sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda, serta uji signifikan (uji t dan uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis linier berganda nilai koefisien dari citra destinasi sebesar 0,203 dengan nilai signifikan 0,040 (<0,05) artinya citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, fasilitas wisata sebesar 0,233 dengan nilai signifikan 0,024 (<0,05) artinya fasilitas wisata berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan experiental purchasing sebesar 0,402 dengan nilai signifikan 0,002 (<0,05) artinya experiental purchasing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil uji signifikan diperoleh nilai sebesar 29,445 dengan nilai signifikan 0,000 (<0,05) yang berarti bahwa citra destinasi, fasilitas wisata, dan experiental purchaing secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject citra destinasi, fasilitas wisata, experiental purchasing, kepuasan konsumen en_US
dc.title Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Wisata dan Experiental Purchasing terhadap Kepuasan Konsumen (Survei pada Pengunjung Domestik Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account