Abstract:
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara perhatian orang tua dan sarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 5 Purworejo Kabupaten Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dsn Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 95 siswa diambil sampel 75 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriftif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa perhatian orang tua siswa di SMA Negeri 5 Purworejo Kabupaten Purworejo tergolong pada kategori tinggi sebesar (78,67%), sarana pendidikan pada kategori tinggi sebesar (74,67%), dan prestasi belajar pada kategori tinggi sebesar (100%). Berdasarkan perhitungan korelasi parsial menunjukan bahwa: (1) perhatian orang tua memberikan pengaruh 11,36% (rx1y = 0,337; t = 3,041; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar, (2) sarana pendidikan sebesar 17,47% (rx2y = 0,418; t = 3,889; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama dari perhatian orang tua dan sarana pendidikan sebesar 84,00% (R = 0,917; F = 189,585; sig < 0,05) terhadap prestasi belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa kelas X SMA N 5 Purworejo tergolong baik. Terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri dari perhatian orang tua dan sarana pendidikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA N 5 Purworejo Kabupaten Purworejo.