Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Kemampuan Penalaran matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Sadang Tahun Pelajaran 2016/2017

Show simple item record

dc.contributor.author Prayoga, Adri
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:38:46Z
dc.date.available 2018-02-07T08:38:46Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1679
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Sadang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Sadang yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning bahwa hasil tes kemampuan penalaran matematika pada siklus I diketahui bahwa persentase siswa yang mencapai nilai KKM adalah 70,58% yaitu dalam kategori cukup, ini terlihat dari masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyajikan pernyataan yang diberikan guru secara lisan, tertulis, gambar serta menjelaskannya. Sebagian siswa juga belum mampu menarik kesimpulan dari masalah yang diberikan serta sedikit saja siswa mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. Terlihat juga siswa yang belum mampu memberikan alasan dari bukti dan kesimpulan yang telah dibuat, beberapa siswa saja yang sudah mampu dapat menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan matematika yang diberikan peneliti serta dapat menyatakan benar atau tidaknya argumen yang diberikan oleh peneliti. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,41% yaitu dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari kemampuan penalaran matematika siswa sudah baik diantaranya siswa dapat menyajikan pernyataan yang diberikan guru secara lisan, tertulis, gambar serta menjelaskannya. Siswa dapat menarik kesimpulan dari masalah yang diberikan serta mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. Serta dapat memberikan alasan dari bukti dan kesimpulan yang telah dibuat, sebagian besar siswa juga sudah mampu dapat menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan matematika yang diberikan peneliti serta dapat menyatakan benar atau tidaknya argumen yang diberikan oleh peneliti. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII C SMPN Sadang Tahun Ajaran 2016/2017. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Kemampuan Penalaran Matematika, Problem Based Learning en_US
dc.title Peningkatan Kemampuan Penalaran matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIII C SMPN 1 Sadang Tahun Pelajaran 2016/2017 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account