dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII C SMPN 1 Sadang melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning.
Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Tahap penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMPN 1 Sadang yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning bahwa hasil tes kemampuan penalaran matematika pada siklus I diketahui bahwa persentase siswa yang mencapai nilai KKM adalah 70,58% yaitu dalam kategori cukup, ini terlihat dari masih banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyajikan pernyataan yang diberikan guru secara lisan, tertulis, gambar serta menjelaskannya. Sebagian siswa juga belum mampu menarik kesimpulan dari masalah yang diberikan serta sedikit saja siswa mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. Terlihat juga siswa yang belum mampu memberikan alasan dari bukti dan kesimpulan yang telah dibuat, beberapa siswa saja yang sudah mampu dapat menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan matematika yang diberikan peneliti serta dapat menyatakan benar atau tidaknya argumen yang diberikan oleh peneliti. Kemudian meningkat pada siklus II menjadi 79,41% yaitu dalam kategori baik. Hal ini terlihat dari kemampuan penalaran matematika siswa sudah baik diantaranya siswa dapat menyajikan pernyataan yang diberikan guru secara lisan, tertulis, gambar serta menjelaskannya. Siswa dapat menarik kesimpulan dari masalah yang diberikan serta mampu memeriksa kesahihan suatu argumen. Serta dapat memberikan alasan dari bukti dan kesimpulan yang telah dibuat, sebagian besar siswa juga sudah mampu dapat menarik kesimpulan dari beberapa pernyataan matematika yang diberikan peneliti serta dapat menyatakan benar atau tidaknya argumen yang diberikan oleh peneliti. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran diskusi Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika pada siswa kelas VIII C SMPN Sadang Tahun Ajaran 2016/2017. |
en_US |