Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Pengaruh Brand Prestige dan Brand Credibility Terhadap Purchase Intention dengan Brand Knowledge sebagai Pemoderasi Brand Credibility (Survei pada Pengguna Sepatu Nike di Wilayah Purworejo)

Show simple item record

dc.contributor.author Wahyuningtyas, Prihandini
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:38:47Z
dc.date.available 2018-02-07T08:38:47Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1680
dc.description.abstract Minat beli konsumen dapat ditumbuhkan dengan banyak cara. Salah satu cara untuk menumbuhkan minat beli konsumen yaitu dengan strategi brand. Dengan strategi brand konsumen akan lebih selektif dalam memilih merek. Konsumen akan cenderung membeli barang dengan merek prestisius sebagai simbol status sosial, kekayaan, atau kekuasaan yang dimiliki. Kredibilitas merek diwujudkan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen mengenai informasi yang disampaikan oleh produsen sehingga akan menimbulkan efek minat pembelian konsumen. Terbentuknya kredibilitas merek dipengaruhi oleh pengetahuan yang dimiliki konsumen. Pengetahuan merek berpengaruh dalam pembentukan ingatan merek dalam diri konsumen, karena pada dasarnya konsumen akan lebih memilih produk dengan merek yang dikenalnya dibandingkan dengan merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh: (1) brand prestige terhadap purchase intention; (2) brand credibility terhadap purchase intention; dan (3) brand credibility terhadap purchase intention dengan brand knowledge sebagai variabel pemoderasi. Populasi penelitian ini adalah pengguna sepatu Nike yang ada di Purworejo. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa brand prestige dan brand credibility berpengaruh positif terhadap purchase intention pada pengguna sepatu Nike di Purworejo. Hasil Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa brand knowledge tidak memperkuat pengaruh brand credibility terhadap purchase intention pada pengguna sepatu Nike di Purworejo. en_US
dc.publisher Manajemen-Fakultas Ekonomi en_US
dc.subject brand prestige, brand credibility, brand knowledge, purchase intention en_US
dc.title Pengaruh Brand Prestige dan Brand Credibility Terhadap Purchase Intention dengan Brand Knowledge sebagai Pemoderasi Brand Credibility (Survei pada Pengguna Sepatu Nike di Wilayah Purworejo) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account