dc.contributor.author |
Wahyuningtyas, Prihandini |
|
dc.date.accessioned |
2018-02-07T08:38:47Z |
|
dc.date.available |
2018-02-07T08:38:47Z |
|
dc.date.issued |
2016 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1680 |
|
dc.description.abstract |
Minat beli konsumen dapat ditumbuhkan dengan banyak cara. Salah satu
cara untuk menumbuhkan minat beli konsumen yaitu dengan strategi brand.
Dengan strategi brand konsumen akan lebih selektif dalam memilih merek.
Konsumen akan cenderung membeli barang dengan merek prestisius sebagai
simbol status sosial, kekayaan, atau kekuasaan yang dimiliki. Kredibilitas merek
diwujudkan untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen mengenai informasi
yang disampaikan oleh produsen sehingga akan menimbulkan efek minat
pembelian konsumen. Terbentuknya kredibilitas merek dipengaruhi oleh
pengetahuan yang dimiliki konsumen. Pengetahuan merek berpengaruh dalam
pembentukan ingatan merek dalam diri konsumen, karena pada dasarnya
konsumen akan lebih memilih produk dengan merek yang dikenalnya
dibandingkan dengan merek lain. Penelitian ini bertujuan untuk menguji
pengaruh: (1) brand prestige terhadap purchase intention; (2) brand credibility
terhadap purchase intention; dan (3) brand credibility terhadap purchase intention
dengan brand knowledge sebagai variabel pemoderasi.
Populasi penelitian ini adalah pengguna sepatu Nike yang ada di Purworejo.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 130 responden yang ditentukan
menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan
menggunakan kuesioner. Instrumen telah diuji coba dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Regresi
Linier Berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA).
Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa brand prestige dan brand
credibility berpengaruh positif terhadap purchase intention pada pengguna sepatu
Nike di Purworejo. Hasil Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan
bahwa brand knowledge tidak memperkuat pengaruh brand credibility terhadap
purchase intention pada pengguna sepatu Nike di Purworejo. |
en_US |
dc.publisher |
Manajemen-Fakultas Ekonomi |
en_US |
dc.subject |
brand prestige, brand credibility, brand knowledge, purchase intention |
en_US |
dc.title |
Pengaruh Brand Prestige dan Brand Credibility Terhadap Purchase Intention dengan Brand Knowledge sebagai Pemoderasi Brand Credibility (Survei pada Pengguna Sepatu Nike di Wilayah Purworejo) |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |