Abstract:
jaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor
matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, 2) untuk
mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video pemeliharaan
Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman
Karya Madya Pertambangan Kebumen, 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media
pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor
matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X TSM A SMK TKM Pertambangan Kebumen tahun
pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM B
SMK TKM Pertambangan kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa
sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan
instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi
presentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai
rata-rata kelas kontrol 75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79. Terdapat selisih antara kelas
kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas
KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum
mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media
pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk
meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video
pemeliharaan sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses
pembelajaran di SMK TKM Pertambangan Kebumen.