Abstract:
Persaingan diantara produsen dalam memasarkan suatu produk yang memiliki kesamaan menjadi hal yang tidak dapat dielakkan lagi saat ini. Setiap produsen, dalam hal ini adalah produsen air mineral kemasan, tentunya akan saling menawarkan kelebihan yang dimiliki agar konsumen tertarik pada produk yang dipasarkan, dan pada akhirnya konsumen memiliki intensi pembelian. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) menguji pengaruh celebrity endorser terhadap intensi pembelian; 2) menguji pengaruh brand association terhadap intensi pembelian; 3) menguji pengaruh brand personality terhadap intensi pembelian; 4) menguji pengaruh product characteristics terhadap intensi pembelian.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen Le Minerale di Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan jawaban dinilai menggunakan skala Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Hipotesis dilakukan menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi variabel celebrity endorser (X1) sebesar 0,322 dengan nilai signifikansi sebesar 0,006; 2) nilai koefisien regresi variabel brand association (X2) sebesar 0,363 dengan nilai signifikansi sebesar 0,001; 3) nilai koefisien regresi variabel brand personality (X3) sebesar 0,344 dengan nilai signifikansi sebesar 0,004; 4) nilai koefisien regresi variabel product characteristics (X4) sebesar 0,232 dengan nilai signifikansi sebesar 0,027. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis yang diajukan terbukti dan dapat diterima.