Abstract:
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah siswa SMA dalam
menyelesaikan sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel berdasarkan langkah
Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 8 Purworejo
sebanyak 4 orang. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan
teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data dilakukan
dengan beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion
drawing/verification.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan
masalah matematika siswa melakukan: (1) memahami masalah, siswa dapat
menyatakan yang diketahui dan yang ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri
pada saat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan. (2) merencanakan
penyelesaian, siswa dapat menentukan aturan/rumus dengan lengkap yang akan
digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada langkah ini, siswa mengaitkan
informasi yang ada dengan pengetahuan yang dimiliki dengan cara yang berbedabeda.
(3) melaksanakan rencana penyelesaian, siswa menerapkan langkah-langkah
dengan lengkap dan melakukan pengerjaannya secara urut. Dalam mengungkap
aturan/rumus yang digunakan, siswa telah melakukan perhitungan secara baik
sesuai dengan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang pernah
dipelajari sebelumnya. Meskipun tidak melakukan tahap menentukan titik potong
kedua pertidaksamaan, namun siswa dapat memperoleh hasil sesuai dengan
pertanyaan. (4) memeriksa kembali proses dan hasil, siswa melakukan evaluasi
terhadap langkah yang telah dibuat, yaitu dengan memerika kembali langkahlangkahnya
satu persatu dari awal sampai akhir. Siswa optimis bahwa jawaban
akhir sudah benar, karena telah memeriksa kembali dari awal sampai akhir,
sehingga dapat mengambil simpulan dengan tepat.