Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Proses Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Sistem Pertidaksamaan Kuadrat Dua Variabel Berdasarkan Langkah Polya

Show simple item record

dc.contributor.author Wijayanti, Ayu
dc.date.accessioned 2018-02-07T08:45:19Z
dc.date.available 2018-02-07T08:45:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1686
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pemecahan masalah siswa SMA dalam menyelesaikan sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel berdasarkan langkah Polya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 8 Purworejo sebanyak 4 orang. Teknik pengambilan subjek pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan masalah matematika siswa melakukan: (1) memahami masalah, siswa dapat menyatakan yang diketahui dan yang ditanyakan menggunakan bahasanya sendiri pada saat menentukan apa yang diketahui dan yang ditanyakan. (2) merencanakan penyelesaian, siswa dapat menentukan aturan/rumus dengan lengkap yang akan digunakan dalam menyelesaikan masalah. Pada langkah ini, siswa mengaitkan informasi yang ada dengan pengetahuan yang dimiliki dengan cara yang berbedabeda. (3) melaksanakan rencana penyelesaian, siswa menerapkan langkah-langkah dengan lengkap dan melakukan pengerjaannya secara urut. Dalam mengungkap aturan/rumus yang digunakan, siswa telah melakukan perhitungan secara baik sesuai dengan konsep sistem pertidaksamaan kuadrat dua variabel yang pernah dipelajari sebelumnya. Meskipun tidak melakukan tahap menentukan titik potong kedua pertidaksamaan, namun siswa dapat memperoleh hasil sesuai dengan pertanyaan. (4) memeriksa kembali proses dan hasil, siswa melakukan evaluasi terhadap langkah yang telah dibuat, yaitu dengan memerika kembali langkahlangkahnya satu persatu dari awal sampai akhir. Siswa optimis bahwa jawaban akhir sudah benar, karena telah memeriksa kembali dari awal sampai akhir, sehingga dapat mengambil simpulan dengan tepat. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject Proses Pemecahan Masalah, Masalah Matematika, Langkah Polya en_US
dc.title Proses Pemecahan Masalah Siswa SMA dalam Menyelesaikan Sistem Pertidaksamaan Kuadrat Dua Variabel Berdasarkan Langkah Polya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account