Abstract:
E-commerce merupakan kegiatan bisnis yang dijalankan secara elektronik melalui suatu jaringan internet atau kegiatan jual beli barang atau jasa melalui jalur komunikasi digital. E-commerce merupakan konsep baru dari pemasaran yang menawarkan keuntungan dan kerugian tersendiri bagi penjual dan pembeli. E-commerce tidak hanya membuka pasar baru bagi produk atau jasa yang ditawarkan dan guna mencapai konsumen baru, tetapi juga mempermudah vendor / penjual dalam melakukan bisnis.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trust, security, quality of service, dan perceived risk terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian secara online di situs OLX.co.id. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengguna situs OLX.co.id kalangan pelajar dan mahasiswa di Kebumen. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuisioner yang dinilai dengan skala likert yang masing-masing sudah dicoba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabelitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa faktor trust, security, quality of service, dan perceived risk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.