Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh perubahan katup in
dan silinder terhadap peforma dalam hal top speed pada sepeda motor Satria F150,
(2) Mengetahui pengaruh katup in dan silinder terhadap peforma dalam hal
akselerasi pada sepeda motor Satria F150, dan (3) Mengetahui proses perubahan
yang dilakukan untuk meningkatkan peforma dalam hal akselerasi dan top speed
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model korelasi
dengan metode deskriptif korelasional dan eksperimen. Subjek dalam penelitan ini
adalah 1 unit sepeda motor Satria F150 yang di modifikasi silinder dan katup in
dengan ukuran 68 mm untuk silindernya dan 24 mm untuk ukuran katup in. Cara
melakukan penelitian ini dengan menggunakan faktorial desain.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengaruh antara silinder
terhadap top speed dan akselerasi pada sepeda motor Satria F150 adalah FA lebih
besar dari pada Ftabel pada taraf signifikan 0,01, maka dapat ditarik kesimpulan
bahwa ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara silinder dan katup in
terhadap top speed dan akselerasi pada sepeda motor Satria F150, (2) pengaruh
antara katup in terhadap top speed dan akselerasi pada sepeda motor Satria F150
adalah FB lebih besar dari pada Ftabel pada taraf signifikan 0,01 maka dapat
ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan pengaruh yang sangat signifikan antara
perubahan katup in terhadap top speed dan akselerasi pada sepeda motor Satria
F150, (3) pengaruh bersama (interaksi) antara perubahan silinder dan katup in
terhadap top speed dan akselerasi pada sepeda motor Satria F150 adalah FAB
lebih besar dari pada Ftabel pada taraf signifikan 0,01, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa ada perbedaan pengaruh bersama (interaksi) yang sangat
signifikan antara perubahan silinder dan katup in terhadap top speed dan
akselerasi pada sepeda motor Satria F150, (4) Top speed dari silinder dan katup in
standar lebih rendah dibandingkan dengan top speed dari silinder dengan ukuran
62mm dan katup in 24mm, pada data penelitian top speed untuk silinder standar
135kph dan akselerasi untuk silinder standar 8,67detik, top speed untuk silinder
68mm dengan katup in 24mm adalah 147,167kph dan akselerasi untuk silinder
standar 7,767detik, pada data penelitian top speed memiliki perbedaan 12,167kph,
sedangkan akselerasi memiliki perbedaan 0, 903 detik ditarik kesimpulan bahwa
pada keadaan standar top speed lebih rendah dibandingkan dengan katup in yang
peneliti tentukan, sedangkan akselerasi untuk silinder dan katup in standar
memiliki akselerasi lebih tinggi dibandingkan dengan yang peneliti tentukan.