Abstract:
Banyak pebisnis yang mencoba memasarkan produk dan/atau jasa melalui
berbagai macam strategi dengan harapan dapat meraih konsumen sebanyakbanyaknya.
Salah satu strategi yang saat ini banyak dilakukan oleh para pebisnis
adalah dengan menggunakan konsep pemasaran ramah lingkungan. Penggunaan
konsep ramah lingkungan bertujuan juga untuk meningkatkan kepercayaan (trust)
yang ada pada diri konsumen. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah sebagai
berikut: 1) menguji pengaruh environmental friendliness terhadap green trust, 2)
menguji pengaruh environmental friendliness terhadap green satisfaction, 3)
menguji pengaruh environmental friendliness terhadap green perceived quality, 4)
menguji pengaruh green satisfaction terhadap green trust, 5) menguji pengaruh
green perceived quality green trust, 6) menguji pengaruh green satisfaction dan
green perceived quality dalam memediasi pengaruh environmental friendliness
terhadap green trust.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah konsumen produk
Tupperware di Purworejo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak
100 responden yang dikumpulkan dengan teknik purposive sampling.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan jawaban menggunakan
metode Likert. Untuk mengetahui keakuratan pengukuran serta kestabilan
parameter kuesioner, terlebih dahulu dilakukan pengujian kuesioner dengan
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Pada penelitian ini untuk menguji
hipotesis menggunakan analisis regresi.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) nilai koefisien regresi
environmental friendliness berpengaruh positif dan signifikan terhadap green
trust, 2) nilai koefisien regresi environmental friendliness berpengaruh positif dan
signifikan terhadap green satisfaction, 3) nilai koefisien regresi environmental
friendliness berpengaruh positif dan signifikan terhadap green perceived quality,
4) nilai koefisien regresi green satisfaction berpengaruh positif dan signifikan
terhadap green trust., 5) nilai koefisien regresi green perceived quality
berpengaruh positif dan signifikan terhadap green trust, 6) nilai koefisien regresi
green satisfaction dan green perceived quality dapat memediasi pengaruh
environmental friendliness terhadap green trust, dalam hal ini berupa mediasi
sebagian (partial mediation).. Hal ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis
yang diajukan terbukti dan dapat diterima.