dc.date.accessioned |
2018-02-07T08:56:54Z |
|
dc.date.available |
2018-02-07T08:56:54Z |
|
dc.date.issued |
2017 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1694 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan
antara: (1) kecerdasan emosional dengan prestasi (2) kecerdasan interpersonal
dengan prestasi (3) kecerdasan emosional dengan kecerdasan interpersonal (4) kecerdasan
emosional, kecerdasan interpersonal dengan prestasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP di Kecamatan Lo
ano sebanyak 358 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik propotionate
random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan
data yang digunakan adalah metode angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan
korelasi product moment dan korelasi ganda. Sebagai persyaratan analisis
dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tedapat hubungan positif: (1) kecerdasan
emosional terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,92 dan signifikan;
(2) kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar
0,96 dan signifikan; (3) kecerdasan emosional terhadap kecerdasan interpersonal
yaitu sebesar 0,89 dan signifikan; (4) kecerdasan emosional dan kecerdasan
interpersonal terhadap prestasi belajar matematika yaitu sebesar 0,97 dan signifikan. |
en_US |
dc.publisher |
Pendidikan Matematika - FKIP |
en_US |
dc.subject |
kecerdasan emosional, kecerdasan interpersonal, dan prestasi belajar matematika |
en_US |
dc.title |
Hubungan Kecerdasan Emosional dan Interpersonal terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kecamatan Loano Tahun Pelajaran 2016/2017 |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |