Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) Berdasarkan Langkah Polya

Show simple item record

dc.contributor.author Rochmah, Nurul Wachidatur
dc.date.accessioned 2018-02-07T09:00:42Z
dc.date.available 2018-02-07T09:00:42Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1697
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) Berdasarkan Langkah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan data hasil penyelesaian soal Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) dan wawancara pada enam subjek yang merupakan siswa kelas VII SMP Negeri 19 Purworejo. Enam subjek tersebut terdiri dari dua siswa berkemampuan tinggi, dua siswa berkemampuan sedang, dan dua siswa berkemampuan rendah. Selanjutnya data yang dianalisis berdasarkan empat kegiatan pemecahan masalah langkah Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa berkemampuan matematika tinggi dalam pemecahan masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) berdasarkan langkah Polya dinyatakan mampu dalam kegiatan memahami masalah, membuat rencana atau racangan strategi pemecahan masalah, melaksanakan perhitungan, serta memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi. (2) Siswa berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) berdasarkan langkah Polya dinyatakan mampu dalam kegiatan memahami masalah, akan tetapi kurang mampu dalam kegiatan membuat rencana atau rancangan strategi pemecahan masalah, melaksanakan perhitungan, dan memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi. (3) Siswa berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) berdasarkan langkah Polya dinyatakan mampu dalam kegiatan memahami masalah, akan tetapi kurang mampu dalam kegiatan membuat rencana atau racangan strategi pemecahan masalah, melaksanakan perhitungan, dan memeriksa kembali kebenaran hasil atau solusi. en_US
dc.publisher Pendidikan Matematika - FKIP en_US
dc.subject kemampuan siswa, Higher Order Thinking, Langkah Polya en_US
dc.title Analisis Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berpikir Tingkat Tinggi atau HOT (Higher Order Thinking) Berdasarkan Langkah Polya en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account