Abstract:
Pesatnya bisnis ritel di Yogyakarta menjadikan persaingan antar peritel
yang semakin meningkat. Salah satu cara untuk menarik para konsumen dengan
cara promosi penjualan di dalam toko. Promosi di dalam toko membuat ritel
menjadi tempat untuk menjual sekaligus membangun merek dan juga dapat
menciptakan atmosfer yang lebih hidup serta memperkaya pengalaman berbelanja
bagi konsumen. Promosi penjualan di dalam toko akan membuat impulse buying
dari konsumen semakin mudah terbentuk. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan
untuk menguji pengaruh price discount, bonus pack dan in-store display terhadap
impulse buying.
Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua konsumen yang
pernah atau sedang melakukan pembelian ke Giant Supermarket Condong Catur
Yogyakarta. Sampel yang diambil sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan
sampel menggunakan purposive sampling. Kuesioner telah diuji dan telah
memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Pengujian hipotesis menggunakan
analisis regresi berganda.
Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa: 1) nilai
koefisien regresi variabel price discount (X1) sebesar 0,367 dengan nilai
signifikansi sebesar 0,000; 2) nilai koefisien regresi variabel bonus pack (X2)
sebesar 0,325 dengan nilai signifikansi sebesar 0,002; 3) nilai koefisien regresi
variabel in-store display (X3) sebesar 0,299 dengan nilai signifikansi sebesar
0,001. Berarti, seluruh hipotesis yang diajukan terbukti.