Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan
kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1
SMA N 5 Purworejotahun pelajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode The
Six Thinking Hats (Enam Topi Berpikir).
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan
kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 SMA N 5
Purworejo yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan
peneliti yaitu analisis dokumen, tes, dan observasi. Prosedur penelitian tiap siklus
terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan,
(c) pengamatan tindakan, dan (d) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disampaikan bahwa metode The Six
Thinking Hats (Enam Topi Berpikir) dapat meningkatkan kreativitas dan hasil
belajar siswa. Hal ini terbukti dari rerata nilai pra siklus nilai siswa adalah 61,59,
pada tindakan siklus I setelah penggunaan pembelajaran The Six Thinking Hats
terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa menjadi 76,13 dan pada tindakan siklus II
menjadi 85,97. Selain itu ada peningkatan ketuntasan belajar siswa pada tindakan
pra siklus sebesar 0%. Pada tindakan siklus I terjadi peningkatan menjadi 70%
dan pada tindakan siklus II menjadi 97%. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penggunaan metode The Six Thinking Hats (Enam Topi Berpikir) dapat
meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.