Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk (1) untuk mengetahui peningkatkan kerjasama mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, dan (2) untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan media pembelajara sistem AC pada mahasiswa semester VI Pendidikaan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun urutan kegiatan penelitian mencakup empat tahap meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini/yang digunakan yakni Lembar Observasi , dan Tes. Analisis yang digunakan peneliti menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan kerjasama mahasiswa dari persentase rata-rata pada observasi pada pra siklus yaitu 47,1 %, observasi pada siklus I menjadi 64,6%, dan pada siklus II menjadi 79,2%, dan (2) penggunaan media pembelajaran sistem AC dapat meningkatkan pada hasil belajar mahasiswa dengan rata-rata awal 65, setelah dilaksanakan siklus I meningkat menjadi 71 dengan prosentase pencapaian 53,3% dan pada akhir siklus II terjadi peningkatan menjadi 76 dengan prosentase pencapaian 76,6%.