Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh:
kompetensi pedagogik ,kepribadian, profesional, dan sosial guru ekonomi kelas
XI SMA Negeri 1 Sapuran Kecamatan Sapuran baik secara individual maupun
secara simultan terhadap kedisiplinan siswa.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa. Sampel penelitian
berjumlah 48 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan
tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket
untuk mengungkap tingkat kompetensi guru dan dokumen berupa nilai untuk
tingkat kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif
dan anali
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru
kategori tinggi (41,67%), kepribadian kategori sangat tinggi (41,67%), profesional
kategori sangat tinggi (37,50%), dan sosial kategori sangat tinggi (41,67%).
Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) X1 memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 34,50% ( rx1.y = 0,588 ; sig<0,05; t=
4,768) terhadap kedisiplinan siswa, (2) X2 memberi pengaruh yang positif dan
signifikan sebesar 16,9% ( rx1.y = 0,412 ; sig<0,05 ;t= 2,963) terhadap kedisiplinan
siswa, (3) X3 memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 9,4% (
rx1.y = 0,308; sig<0,05 ; t= 2,121) terhadap kedisiplinan siswa, (4) X4 memberikan
pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 24,10% ( rx1.y = 0,491; sig<0,05 ; t=
3,695) terhadap kedisiplinan siswa. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan
ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari kompetensi
pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru terhadap kedisiplinan siswa
sebesar 76,30% (R = 0,874; F=34,877; sig < 0,05), sedangkan 23,70%
dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dengan demikian hipotesis yang
diajukan diterima.