Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO

Show simple item record

dc.contributor.author Ramadhani, Lyansa Dewanti
dc.date.accessioned 2018-02-07T09:08:44Z
dc.date.available 2018-02-07T09:08:44Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1703
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh: kompetensi pedagogik ,kepribadian, profesional, dan sosial guru ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Sapuran Kecamatan Sapuran baik secara individual maupun secara simultan terhadap kedisiplinan siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 53 siswa. Sampel penelitian berjumlah 48 siswa, ditentukan dengan berpedoman pada tabel Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket untuk mengungkap tingkat kompetensi guru dan dokumen berupa nilai untuk tingkat kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan anali Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kategori tinggi (41,67%), kepribadian kategori sangat tinggi (41,67%), profesional kategori sangat tinggi (37,50%), dan sosial kategori sangat tinggi (41,67%). Berdasarkan analisis kuantitatif menunjukkan bahwa : (1) X1 memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 34,50% ( rx1.y = 0,588 ; sig<0,05; t= 4,768) terhadap kedisiplinan siswa, (2) X2 memberi pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 16,9% ( rx1.y = 0,412 ; sig<0,05 ;t= 2,963) terhadap kedisiplinan siswa, (3) X3 memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 9,4% ( rx1.y = 0,308; sig<0,05 ; t= 2,121) terhadap kedisiplinan siswa, (4) X4 memberikan pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 24,10% ( rx1.y = 0,491; sig<0,05 ; t= 3,695) terhadap kedisiplinan siswa. Hasil analisis korelasi ganda mengungkapkan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru terhadap kedisiplinan siswa sebesar 76,30% (R = 0,874; F=34,877; sig < 0,05), sedangkan 23,70% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dengan demikian hipotesis yang diajukan diterima. en_US
dc.publisher Pend. Ekonomi en_US
dc.subject Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Profesional, Sosial, dan Kedisiplinan Siswa en_US
dc.title PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI SMA NEGERI 1 SAPURAN KECAMATAN SAPURAN KABUPATEN WONOSOBO en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account