Abstract:
Servicescape bisa mempengaruhi pilihan pelanggan, ekspektasi pelanggan,
kepuasan pelanggan, dan perilaku lainnya. Kepuasan konsumen sangat penting
artinya bagi perusahaan yang ingin menjaga kelangsungan hidup usahanya
maupun keberhasilan usahanya. Terdapat tiga dimensi pembentuk servicescape
yang terdiri dari kondisi sekitar, ruang dan fungsi, serta tanda simbol dan artefak.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kondisi sekitar, ruang dan
fungsi, serta tanda, simbol, dan artefak secara parsial dan simultan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen Hotel Suronegaran Purworejo.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah menginap
di Hotel Suronegaran Purworejo, sedang sampel yang digunakan adalah 100
responden dengan teknik sampling purposive. Pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan kuesioner yang diisi oleh pihak yang memenuhi persyaratan
sampel penelitian. Kuesioner telah diujicobakan dan telah memenuhi syarat
validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi berganda dan
pengujian hipotesis.
Hasil analisis regresi berganda dan pengujian hipotesis menunjukkan
bahwa variabel kondisi sekitar, ruang dan fungsi, serta tanda, simbol, dan artefak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial dan
simultan.