Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah: (1) menguji pengaruh threat emotions terhadap
keputusan pembelian shampo Clear di Purworejo dan (2) menguji pengaruh brand
trust terhadap keputusan pembelian shampo Clear di Purworejo.
Populasi penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang menggunakan produk
shampo Clear di Kabupaten Purworejo. Sampel penelitian berjumlah 120 orang.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang sebelumnya
telah di uji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data
menggunakan analisi regresi linier berganda.
Hasil regresi linier berganda dengan menggunakan uji signifikansi
menunjukkan bahwa: (1) nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,449 dan
p-value sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh yang positif dan signifikan
antara threat emotions terhadap keputusan pembelian; (2) nilai koefisien regresi
bernilai positif sebesar 0,262 dan p-value sebesar 0,003 < 0,05 artinya ada
pengaruh yang positif dan signifikan antara brand trust terhadap keputusan
pembelian.