Abstract:
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang
positif dan signifikan antara kompetensi guru dan fasilitas belajar baik secara
sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa pada
mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 11 Kabupaten Purworejo.
Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel yang dikembangkan oleh
Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% dari populasi 64 siswa diambil
sampel sebanyak 55 siswa. Pengambilan sampel menggunakan simple random
sampling. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif.
Hasil analisis deskriptif dan kuantitatif menunjukkan bahwa kompetensi
guru di SMA Negeri 11 Kabupaten Purworejo: 65,46% tergolong baik, 20%
tergolong sangat baik dan 14,54% tergolong cukup. Berdasarkan korelasi parsial
menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru
dengan prestasi belajar sebesar 11,76% (rx1y = 0,343; t = 732; sig< 0,05), (2) ada
pengaruh positif dan signifikan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar sebesar
33,06% (rx2y = 0,575; t = 788; sig< 0,05). Hasil analisis korelasi ganda
mengungkapkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama
dari kompetensi guru dan fasilitas belajar sebesar 31,80% (R = 0,564; F = 565;
sig< 0,05) terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 11 Kabupaten Purworejo.
Terdapat sumbangan yang berarti, baik secara bersama-sama maupun sendirisendiri
dari kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa
SMA Negeri 11 Kabupaten Purworejo.