dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) meningkatkan prestasi pembelajaran pada
praktik pengelasan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning
(PBL). 2) mendapatkan bukti peningkatan prestasi pembelajaran praktik
pengelasan setelah diterapkan model Project Based Learning (PBL).
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 2 siklus pada kelas XI Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri
(TPMI) A di SMK Taman Karya Madya (TKM) Teknik Purworejo, dengan
Subyek penelitian adalah siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan desai
Kemmis & Taggart yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan,
observasi dan refleksi.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, catatan lapangan,
wawancara dan studi dokumen. Analisa dilakukan dengan analisa kualitatif untuk
menggambarkan suasana pembelajaran yang berlangsung dalam kelas dan analisa
kuantitatif untuk melihat perkembangan hasil belajar siswa dan kualitas
pembelajaran.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) penerapan pemberalajaran
menggunakan Project Based Learning di kelas TPMI A SMK TKM Teknik
Purworejo dapat meningkatkan prestasi pembelajaran sesuai dengan KKM (
Kriteria ketuntasan minimum ) yaitu 73 dengan presentase siswa mencapai 80%
atau lebih. 2) Peningkatan prestasi tersebut dapat terlihat dari nilai prestasi yang
didapat, dimana sebelum penelitian nilai yang didapat sebesar 65,8 dengan tingkat
kelulusan sebesa3 13,89%, siklus I 73,8 dengan tingkat kelulusan sebesar 71,22%
dan siklus 2 sebesar 82,0 dengan tingkat kelulusan siswa 100%. Dengan demikian
penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan
pembelarjaran praktik pengelasan. |
en_US |