Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap. (1) perbedaan hasil belajar
Kewirausahaan antara siswa yang diberi pembelajaran metode kontekstual dengan
metode ceramah (2) mengetahui metode yang lebih efektif antara metode
kontekstual dengan metode ceramah.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMK Ma’arif 3
Somalangu Kebumen yang berjumlah 203. Pengambilan sampel yang berjumlah
85 siswa dilakukan dengan random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji
dalam penelitian ini, yaitu: (1) Metode pendekatan kontekstual dan metode
ceramah sebagai variable bebas. (2) Hasil belajar sebagai variable terikat. Alat
pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes..
Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji kesamaan dua variable dan uji
kesamaan dua rata-rata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar
Kewirausahaan antara metode pendekatan kontekstual dengan metode ceramah
pada siswa kelas XI SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen. Hal ini dapat dilihat
analisis uji t dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 6.943, dengan dk: 83
pada α = 5% diperoleh ttabel sebesar 1,99. Tampak bahwa thitung>ttabel pada daerah
penolakan. Ho berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok
eksperimen dan kelompok control.