Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Peningkatan Keterampilan Menulis KalimatBerhuruf Jawa dengan Media Gambar Melalui Metode Kuantum Pada SiswaKelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015

Show simple item record

dc.contributor.author Nuraeni, Ida
dc.date.accessioned 2018-02-08T07:26:37Z
dc.date.available 2018-02-08T07:26:37Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.umpwr.ac.id:8080/handle/123456789/1721
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dengan media gambar melalui metode kuantum, (2) Peningkatan kemampuan menulis kalimat berhuruf Jawa dengan media gambar melalui metode kuantum, dan (3) motivasi belajar siswa dalam menulis kalimat berhuruf Jawa dengan media gambar melalui metode kuantum. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng.Objek penelitianin adalah kemampuan menulis kalimat berhuruf Jawa dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi.Tes digunakan untuk mengetahui siswa terhadap materi menulis kalimat berhuruf Jawa. Teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data motivasi belajar siswa.Teknik analisis data berupa deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Deskripsi kuantitatif untuk menganalisis kemampuan menulis kalimat berhuruf Jawa. Deskripsi kualitatif digunakan untuk menganalisis motivasi belajar siswa. Dari analisis data dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan langkah-lagkah belajar menulis kalimat berhuruf Jawa ditempuh melalui 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus ditempuh langkah Tandur, yaitu: (a) Tumbuhkan, guru mengenalkan dan menjelaskan cara menulis kalimat berhuruf Jawa, (b) Alami, siswa mempelajari contoh kalimat berhuruf Jawa, sandhangan, pasangan, danpratandha, (c) Namai, siswa mendiskusikan kalimat berhuruf Jawa yang telah ditugaskan oleh guru, (d) Demonstrasi, guru meminta siswa menjelaskan hasil diskusi di depankelas, (e) Ulangi, siswa diminta untuk memperbaiki tulisan siswa yang sudah dikoreksi oleh guru, (f) Rayakan, guru menilai hasil karya siswa dan memberikan penghargaan, pujian, dan tepuk tangan kepada siswa yang mampu menulis kalimat berhuruf Jawa dengan benar. (2) Penggunaan media gambar dengan metode kuantum pada pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dilihat dari prasiklus siswa yang tuntas 8 siswa dari 20 siswa, siklus I siswa yang tuntas 13 siswa dan siklus II yang tuntas 17 siswa. (3) Peningkatan motivasi belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan metode Kuantum dilakukan melalui prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 9 siswa dari 20 siswa Pada siklus II siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 18 siswa. Fakta inilah yang menunjukkan bahwa dengan media gambar melalui metode kuantum dapat meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng tahun pelajaran 2014/2015. en_US
dc.publisher PBSJ-FKIP en_US
dc.subject media gambar, metodekuantum, keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa, motivasi belajar siswa en_US
dc.title Peningkatan Keterampilan Menulis KalimatBerhuruf Jawa dengan Media Gambar Melalui Metode Kuantum Pada SiswaKelas VII SMP Muhammadiyah Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search Repository-UMP


Browse

My Account