dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) langkah-langkah
pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dengan media gambar melalui
metode kuantum, (2) Peningkatan kemampuan menulis kalimat berhuruf Jawa
dengan media gambar melalui metode kuantum, dan (3) motivasi belajar siswa
dalam menulis kalimat berhuruf Jawa dengan media gambar melalui metode
kuantum.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah
Kedungbanteng.Objek penelitianin adalah kemampuan menulis kalimat berhuruf
Jawa dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
tes dan observasi.Tes digunakan untuk mengetahui siswa terhadap materi menulis
kalimat berhuruf Jawa. Teknik observasi digunakan untuk mengumpulkan data
motivasi belajar siswa.Teknik analisis data berupa deskripsi kuantitatif dan
deskripsi kualitatif. Deskripsi kuantitatif untuk menganalisis kemampuan menulis
kalimat berhuruf Jawa. Deskripsi kualitatif digunakan untuk menganalisis
motivasi belajar siswa.
Dari analisis data dapat diketahui bahwa: (1) Penerapan langkah-lagkah
belajar menulis kalimat berhuruf Jawa ditempuh melalui 2 siklus, yaitu siklus I
dan siklus II. Setiap siklus ditempuh langkah Tandur, yaitu: (a) Tumbuhkan, guru
mengenalkan dan menjelaskan cara menulis kalimat berhuruf Jawa, (b) Alami,
siswa mempelajari contoh kalimat berhuruf Jawa, sandhangan, pasangan,
danpratandha, (c) Namai, siswa mendiskusikan kalimat berhuruf Jawa yang telah
ditugaskan oleh guru, (d) Demonstrasi, guru meminta siswa menjelaskan hasil
diskusi di depankelas, (e) Ulangi, siswa diminta untuk memperbaiki tulisan siswa
yang sudah dikoreksi oleh guru, (f) Rayakan, guru menilai hasil karya siswa dan
memberikan penghargaan, pujian, dan tepuk tangan kepada siswa yang mampu
menulis kalimat berhuruf Jawa dengan benar. (2) Penggunaan media gambar
dengan metode kuantum pada pembelajaran menulis kalimat berhuruf Jawa dapat
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dilihat dari prasiklus siswa yang tuntas 8
siswa dari 20 siswa, siklus I siswa yang tuntas 13 siswa dan siklus II yang tuntas
17 siswa. (3) Peningkatan motivasi belajar menulis kalimat berhuruf Jawa dengan
metode Kuantum dilakukan melalui prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada siklus I
siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 9 siswa dari 20 siswa Pada siklus II
siswa yang aktif dalam pembelajaran ada 18 siswa. Fakta inilah yang
menunjukkan bahwa dengan media gambar melalui metode kuantum dapat
meningkatkan keterampilan menulis kalimat berhuruf Jawa pada siswa kelas VII
SMP Muhammadiyah Kedungbanteng tahun pelajaran 2014/2015. |
en_US |