Repository-Universitas Muhammadiyah Purworejo

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap. (1) perbedaan hasil belajar Kewirausahaan antara siswa yang diberi pembelajaran metode kontekstual dengan metode ceramah (2) mengetahui metode yang lebih efektif antara metode kontekstual dengan metode ceramah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pada SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen yang berjumlah 203. Pengambilan sampel yang berjumlah 85 siswa dilakukan dengan random sampling. Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Metode pendekatan kontekstual dan metode ceramah sebagai variable bebas. (2) Hasil belajar sebagai variable terikat. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes.. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji kesamaan dua variable dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Kewirausahaan antara metode pendekatan kontekstual dengan metode ceramah pada siswa kelas XI SMK Ma’arif 3 Somalangu Kebumen. Hal ini dapat dilihat analisis uji t dari hasil belajar siswa diperoleh thitung sebesar 6.943, dengan dk: 83 pada α = 5% diperoleh ttabel sebesar 1,99. Tampak bahwa thitung>ttabel pada daerah penolakan. Ho berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok control.

Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Search Repository-UMP


Browse

My Account